Pada hari Senin minggu lalu, kantor baru Bukalapak Bandung akhirnya telah  beroperasi. Kantor baru yang berlokasi di daerah Dago (tepatnya di depan SMAN 1 Bandung | GMaps) ini akan menggantikan kantor lama di Tubagus Ismail yang telah ditempati lebih dari 1 tahun dan kantor Talaga Bodas yang baru ditempati selama 4 bulan terakhir.  Dengan adanya kantor baru ini, akhirnya seluruh karyawan Bukalapak Bandung bisa bekerja di satu atap yang sama yang tentunya akan memudahkan interaksi antar anggota squad.

Talaga Bodas Office Squad

Walaupun kantor sudah bisa digunakan, kondisi kantor sendiri sebenarnya masih belum 100%. Masih ada tukang yang melakukan finishing di beberapa bagian, seperti taman, pemasangan logo Bukalapak dan pembutan pos untuk penjaga kantor. Akan tetapi, hal tersebut tidak terlalu mengganggu proses bekerja karena  hampir semua perbaikan dilakukan di bagian luar kantor, sedangkan bagian dalam kantor sudah siap untuk digunakan.

Jika ada yang bertanya bagaimana kesan saya terhadap kantor Bukalapak Bandung yang baru ini,  ‘Well, it’s beyond my expectation. I know it will be good, but not this good‘. Setelah menggunakan kantor baru selama kurang lebih seminggu, saya merasa puas dengan fasilitas yang disediakan. Berbagai macam fasilitas yang tersedia seperti meja bekerja yang luas + TV untuk masing-masing squad, ruang meeting yang nyaman (semoga ga cepet penuh ya :D), pantry, musholla, kamar mandi, amphiteater, dan tentu saja yang tak akan telupakan, zen room dan sleeping room. Zen room adalah sebuah ruang berisikan pod-pod yang bisa digunakan untuk bekerja menyendiri. Salah satu kelemahan dari tipe open office seperti  yang digunakan di kantor Bukalapak adalah kadang kita sulit untuk berkonsentrasi karena suara yang cukup keras dari rekan-rekan kerja, sehingga Zen room sangatlah penting untuk disediakan.

Tidak hanya dari segi fasilitas, dari segi desain interior pun kantor baru ini terlihat sangat keren, ga kalah lah cafe-cafe yang ada di Bandung. Bagi yang ingin foto ala-ala alias Instagrammable kayaknya bisa banget sih di kantor ini. Rasa desain interiornya sudah terasa ketika memasuki lobby dengan hiasan lampu yang khas. Saya sendiri kurang paham sebenarnya dengan style apa yang digunakan, tapi kayaknya cem-cem Industrial gitu dengan warna dominan abu-abu dari semen, sampai ada yang pernah bertanya, ‘Ini nanti bakal di cat ngga ya?

Selain dari segi fasilitas dan interior, keunggulan lain dari kantor ini adalah lokasinya yang terletak di jantung kota Bandung, Dago. Lokasi yang strategis membuat kantor ini mudah diakses dari daerah manapun dan mudah untuk ditemukan. Oh ya, kantor Bukalapak Bandung ini menyediakan fasilitas amphitheatre yang  bisa digunakan oleh komunitas  untuk mengadakan meetup atau sharing session. Jadi kalau misalkan kamu punya komunitas yang ingin mengadakan acara tapi bingung mencari tempat, feel free to contact us. Salah satu tujuan Bukalapak membuka kantor di Bandung adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan talent-talent yang ada di Bandung dan sharing komunitas adalah salah satu cara yang bisa ditempuh.

Dibalik semua fasilitas baru yang ditawarkan oleh kantor baru Bandung, ada satu hal yang tidak boleh terlupakan, bahwa nilai Bukalapak bukan dilihat dari seberapa bagus kantor yang kita miliki, tapi seberapa bagus layanan yang kita berikan kepada customre kita. Kantor baru memamng bagus, tapi apa gunanya jika hal itu tidak membuat kerja kita semakin produktif? Apa gunanya customer kita tidak semakin senang dengan Bukalapak?

Selanjutnya sebelum masuk ke bagian utama, yakni foto-foto kantor baru, saya ingin menginformasikan bahwa Bukalapak saat ini membutuhkan bantuan teman-teman untuk bersama memajukan Indonesia. Ada banyak posisi yang kami butuhka,n seperti Mobile App Dev, Back End Engineer, Front End Engineer, Data Scientist, UX Researcher, UI Designer, Product Manager, QA Engineer (lihat disini untuk daftar lengkap).  Bagi teman-teman yang tertarik untuk join ke Bukalapak, bisa coba kirimkan CV nya ke email saya ahmad.faiz@bukalapak.com, nanti akan saya forward ke tim recruiter. Buat teman-teman yang masih ragu-ragu, mau nanya-nanya dulu juga boleh kok, feel free yak.

Tanpa basa basi lagi, yuk langsung lihat foto-foto kantor baru Bukalapak berikut

Kantor Bandung tampak luar (ketika masih dalam proses renovasi)

Ruang tunggu tamu

Kursi tunggu tamu + model dadakan

Tempat santai-santai + model dadakan

Pantry, kalau jam makan rame banget

Ruang kerja 1

Ruang kerja 2

Pod di zen room

Tempat tidur tingkat (ruang cowok dan cewek dipisah)

Toilet

Musholla

Taman hijau di belakang kantor

Amphiteater

Tempat main-main di atas Amphiteater (ada PS4-nya sekarang)

Untuk sementara itu aja ya foto-fotonya. Nah gimana? makin tertarik untuk join Bukalapak? Kalau makin tertarik, langsung aja kirim CV nya ke ahmad.faiz@bukalapak.com ya. Semoga kita bisa ketemu di Bukalapak 🙂

#BukalapakUntukIndonesia