Ada beberapa alasan yang menjadikan saya memilih Manchester sebagai kota tujuan untuk melanjutkan kuliah Master, salah satu diantaranya adalah kesempatan untuk menonton Manchester United secara langsung di The Theater of Dreams, Old Trafford. Sebagai halnya fans Manchester United lainnya, menonton pertandingan MU secara langsung di Old Trafford masuk dalam jajaran atas hal yang paling ingin saya lakukan. Bahkan ketika saya kuliah, saya mempunyai poster Old Trafford yang saya print sendiri dan saya pasang di kamar dengan tulisan “Welcome to Old Trafford 2020” yang mencerminkan harapan agar saya bisa datang sendiri ke Old Trafford maksimal pada tahun 2020. Alhamdulillah akhirnya saya bisa memenuhi keinginan Faiz di masa lalu, 4 tahun lebih cepat dari target awal.

Poster Old Trafford di Kamar Kosan

Poster Old Trafford di Kamar Kosan

Setelah memiliki keempatan untuk menonton MU di Old Trafford, ada beberapa hal menarik yang ingin saya bagi, seperti cara pembelian tiket, transportasi, dan tentunya atmosfer yang saya rasakan ketika menonton MU secara langsung. Oh ya, selama setahun tinggal di Manchester, tercatat saya menonton pertandingan MU sebanyak 6 kali, termasuk derby Manchester pada League Cup dan testimonial match dari Michael Carrick. Bagi yang belum familiar dengan testimonial match, testimonial match adalah pertandingan yang diselenggarakan sebagai penghargaan untuk pemain MU yang telah berada di klub selama minimal 10 tahun. Beberapa pemain lain yang sebelumnya juga mendapatkan testimonial match adalah Wayne Rooney, Paul Scholes, dan Rio Ferdinand.

Proses Pembelian Tiket

Sebelum saya pergi ke Manchester, saya mencoba untuk mencari-cari informasi tentang cara membeli tiket di Old Trafford. Dari info yang saya dapatkan, kita bisa membeli langsung di website MU namun harus memiliki membership MU yang harganya sekitar 38 pounds. Akan tetapi, setelah sampai di Manchester, saya baru tahu jika saya bisa mendapatkan tiket dengan harga mahasiswa melalui Student Union (kalau di Indonesia ini BEM-nya lah). Jika harga tiket normal paling murah biasanya sekitar 31 pounds, di Student Union kita bisa mendapatkan harga hingga setengahnya sekitar 17-19 pounds. Selain lewat Student Union, saya juga pernah membeli tiket melalui twickets.com untuk menonton pertandingan Premier League karena Student Union tidak menjual tiket Premier Leagues.  Satu-satunya tiket yang saya beli melalui official web adalah tiket testimonial match Michael Carrick karena saya tidak mau mengeluarkan uang untuk menjadi official member yang diperlukan untuk membeli tiket pertandingan biasa melalui website resmi.

Membeli Tiket di Student Union

Dua tim kota Manchester, Manchester United dan Manchester City sama-sama menjalin kerjasama dengan Student Union untuk menjual tiket pertandingan, akan tetapi kualitas tempat duduk yang ditawarkan sangat berbeda jauh. Untuk tiket Manchester United, dengan harga  17-19 pounds biasanya kita mendapatkan tempat duduk paling atas. Hal ini berlawanan dengan tiket Manchester City yang walaupun dijual dengan harga tidak jauh berbada, anda bisa mendapatkan tempat duduk dibawah, bahkan salah satu teman saya mendapatkan tempat duduk dekat tempat tendangan pojok ketika pertandingan Liga Champion antara City vs Monaco. Luar biasa enak bukan?

Untuk membeli tiket lewat Student Union sendiri caranya sangat mudah. Tinggal pergi ke resepsionis dan menyerahkan kartu pelajar, maka kita akan langsung mendapatkan tiket pertandingan. Oh ya, untuk pembelian tiket di Student Union kita tidak bisa nitip teman karena pemilik student card harus hadir saat pembelian tiket. Jadi kalau mau beli tiket borongan semua orang yang mau nonton bareng harus datang ke Student Union. Untuk masalah siapa yang nantinya jadi nonton, siapapun bisa menggunakan tiket yang sudah dibeli, jadi yang beli tiket tidak harus yang nonton pertandingan. Saya pernah meminta bantuan teman untuk membeli tiket agar sama bisa nonton bareng sama Istri (dimana Istri baru nyadar suaminya suka teriak-teriak di stadion, hahaha)

Tiket pertandingan Liga Champion yang sangat murah

Tiket pertandingan Liga Champion yang sangat murah

Tiket Nonton Europe League bersama Istri

Tiket Nonton Europe League bersama Istri

Untuk daftar tiket pertandingan apa saja yang bisa dibeli di Student Union kita bisa lansung melihatnya di web Student Union  (klik disini). Seperti contohnya saat tulisan ini dibuat, kita bisa melihat bahwa tiket pertandingan Liga Champion antara Manchester City vs Napoli bisa dibeli dengah harga hanya 10 pounds, murah banget kan? Satu lagi yang perlu diperhatikan, tiket di Student Union ini stock nya tidak tentu. Ada beberapa pertandingan yang stocknya banyak dan tidak habis-habis walaupu sudah dijual 3 mingguan karena tidak banyak peminatnya (biasanya pertandingan melawan tim kecil), namun ada juga tiket yang sold out dalam hitungan jam, termasuk tiket Manchester United vs Manchester City yg berhasil saya dapatkan. Saya sangat beruntung bisa mendapatkan tiket itu karena jarang sekali orang mempunyai kesempatan untuk menonton Derby Manhcester, terima kasih banyak Mas Kiki yang masih suka buka Twitter, hehe.

derby

Tiket Derby Manchester: Alhamdulillah rezeki anak sholeh

Membeli Tiket lewat Twickets.com

Nah, metode kedua yang saya gunakan untuk membeli tiket adalah melalui twickets.com. Apa itu twickets.com? twickets.com adalan fan-to-fan ticket marketplace, jadi kalau ada fan yang tidak bisa menggunakan tiket yang ia miliki, ia bisa menjual tiket tersebut di twickets.com. Sebenarnya sudah ada banyak fan-to-fan ticket marketplace seperti viagogo, namun yang membedakan adalah harga tiket yang ditawarkan di twickets adalah harga tiket asli atau biasa disebut dengan “face value”, jadi anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket yang melambung tinggi seperti halnya di website yang lain.

Sebagian dari Alert yang sama terima dari Twickets

Sebagian dari Alert yang sama terima dari Twickets

Untuk membeli tiket di twickets.com sendiri cukup mudah. Pertama tentu saja kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Selanjutnya, kita perlu untuk membuat alert berdasarkan keyword yang akan memberikan notifikasi lewat email jika ada tiket yang dijual berdasarkan keyword yang kita masukkan. Jika kita ingin membeli tiket Manchester United, maka kita perlu memasang alert dengan keyword “Manchester United” sehingga setiap ada orang yang menjual tiket Manchester United kita akan mendapatkan notifikasi di email.  Mengapa kita perlu memasang alert? Karena Twickets menggunakan sistem jual-beli siapa cepat dia dapat sehigga jika kita kalah cepat dengan orang lain, maka kita perlu menunggu hingga ada orang lain yang menjual tiket yang sama. Dalam kasus saya, saya sudah dari lama memasang alert “Manchester” namun sering kali saya kalah cepat dengan orang lain sehingga ketika saya mengklik buy button, saya mendapatkan tulisan bahwa tiket tersebut sedang di-booking oleh orang lain. Usaha saya akhirnya membuahkan hasil ketika saya mendapatkan tiket pertandingan antara Manchester United vs Everton. Bukan tiket big match banget tapi lumayan lah. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli tiket adalah pastikan bahwa tiket tersebut adalah untuk home fans, karena jika anda membeli tiket dari away fans, maka anda akan duduk di tribun yang dikhususkan untuk pendukung dari tim tamu.

Setelah kita mendapatkan konfirmasi bahwa kita bisa membeli tiket, maka kita tinggal mengisi data dan melakukan proses pembayaran. Untuk pembayaran twickets bisa menggunakan PayPal dengan alamat UK atau kartu debit/kredit, saya sendiri menggunakan kartu debit Barclays milik saya. Pada kasus khusus jika event dibatalkan, uang akan direfund melalui akun PayPal. Salah satu tips untuk membeli tiket dengan cepat adalah dengan menginstal aplikasi Twicket di handphone sehingga ketika kita mendapatkan notifikasi lewat email, kita bisa langsung membeli tiket tanpa harus login terlebih dahulu seperti halnya jika memesan melalui web. Setelah tiket berhasil dibeli, kita tinggal menunggu kedatatangan tiket dengan manis di rumah .

Dalam kasus saya, tiket yang dijual ke sana ternyata merupakan season tiket dan berdasarkan dari alamat yang diberikan untuk mengirim tiket balik, sang pemilik season tiket tinggal di daerah London. Tiket tersebut dikirim melalui Royal Mail dan sudah berada di tangan saya sekitar 4 hari sebelum pertandingan. Setelah tiket tersebut saya gunakan, saya perlu untuk mengirimkan tiket tersebut kembali ke pemilikinya dengan biaya yang cukup murah, kurang dari 5 pounds. Karena yang diberikan ke saya adalah season ticket, awalnya saya khawatir jika saya perlu memberikan identitas yang menunjukkan bahwa saya merupakan pemilik tiket tersebut ketika masuk ke stadion, akan tetapi ternyata kekhawatiran tersebut tidak terbukti karena saya bisa masuk dengan lancara tanpa diminta apapun. Cukup men-scan barcode tiket tersebut di pintu masuk dan saya pun bisa langsung menikmati pertandingan. 

Salah satu kelemahan dari pembelian tiket di twickets.com adalah kita tidak bisa memesan jauh-jauh hari sehingga jika kita tidak tinggal di Manchester, mungkin akan lebih susah karena harus beli tiket kereta/bus yang mepet dengan jadwal pertandingan yang harganya biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan pembelian di jauh-jauh hari. Dalam pengamatan saya, sebagian besar tiket mulai dijual seminggu sebelum jadwal pertandingan, tapi ada juga yang sudah menjual tiket hingga 3 minggu sebelum pertandingan walaupun kasus ini jarang terjadi. Sehingga cara aman yang bisa dilakukan bagi yang ingin membeli tiket dari jauh-jauh hari adalah dengan membeli melalui official website dengan cara mendaftarkan diri sebagai official member. Perlu diketahui bahwa 1 member hanya bisa membeli 1 tiket, jadi jika kita ingin membeli 2 tiket atau lebih, maka membutuhkan jumlah official member sebanyak tiket yang ingin dibeli tersebut.

Sekian saja sharing dari saya tentang beberapa cara pembelian tiket Manchester United berdasarkan pengalaman pribadi saya. Selain dari yang saya share diatas, ada beberapa cara lain seperti membeli tiket melalui official website ataupun membeli tiket melalui akun Twitter yang membagikan tweet orang-orang yang ingin menjual tiket mereka. Bagi yang masih punya pertanyaann terkait proses pembelian tiket, silahkan tinggalkan komen aja ya, Insya Allah nanti saya bales sesuai dengan yg saya tahu. Untuk bagian berikutnya, saya akan berbagi mengenai mode transportasi, khususnya transportasi umum yang bisa kita gunakan untuk menuju Old Trafford. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya! 😀