Minggu lalu saya mendapatkan sebuah masalah yang sangat pelik, akun PayPal saya tidak bisa dibuka, alias login nya selalu gagal. Memang di minggu sebelumnya saya mendapatkan email dari PayPal yang meminta saya untuk mengirimkan data diri untuk melakukan verifikasi mengingat jumlah transaksi dari akun PayPal saya sepertinya sudah mencapai threshold.

Hal pertama kali yang saya lakukan adalah mengirimkan pesan ke akun Facebook Paypal yang kemudian baru dibales 3 hari kemudian, itupun hanya balasan basa-basi yang tidak membantu sama sekali. Kemudian saya coba untuk memention akun @AskPayPal karena melihat aktifitas mereka yang cukup tinggi, namun hasilnya pun nihil. Bahkan sampai sekarang mention saya ke @AskPayPal belum dibales.

Akhirnya saya pun memutuskan untuk menanyakan permasalahan ini ke channel telegram @DiaryShopify yang saya miliki. Alhamdulillah ada beberapa orang yang langsung mengirimkan pesan melalui Facebook saya, sebagian besar mengatakan bahwa solusi cepat yang bisa saya lakukan adalah dengan menelepon PayPal. Kemudian cara itu pun saya coba dan hasilnya memang tokcer. Recommended banget. Cara terbaik untuk menghubungi PayPal memang dengan telepon, sekali telepon semua problem langsung selesai.

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk menelepon PayPal? Berikut ini merupakan cara yang saya lakukan, yang sudah saya urutkan sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan kamu.

1. Mengisi saldo Skype

Untuk menelepon PayPal, saya kemarin menggunakan Skype yang menurut saya tarifnya sangat terjangkau. Untuk durasi telepon kurang lebih selama 30 menit, saldo yang saya habiskan tidak sampai 10 ribu. Sebelum bisa menggunakan Skype call, kamu harus mengisi saldo Skype dulu yang bisa diisi dengan CC, PayPal, Alipay dan beberap metode lain dengan minimal nilai pengisian sebesar $5.

Selain dengan Skype, ada yang memberitahu saya bahwa tarif telepon dengan menggunakan Telkomsel adalah 200/menit, tapi saya sendiri belum mencobanya sehingga tidak bisa memverifikasi.

2. Menelepon PayPal Singapura

Bagi kamu yang masih bisa login (karena permasalahan saya kemarin saya ngga bisa login), silahkan klik disini untuk mendapatkan nomor telepon + kode khusus untuk identifikasi bahwa telepon yang masuk ke PayPal berasal dari akun kamu.

One Time Passcode yang akan kamu dapatkan kalau masih bisa Login

One Time Passcode yang akan kamu dapatkan kalau masih bisa Login

Bagi kamu yang tidak bisa login, silahkan telepon PayPal Singapura di nomor +6565104584 . Ketika meakukan telepon, nanti kamu akan diminta untuk menyebutkan email untuk mengidentifikasi siapa yang saat ini sedang menelepon PayPal.

3. Meminta CS yang bisa berbicara Bahasa Indonesia/Melayu (optional):

Banyak yang memberitahu saya bahwa kita bisa meminta CS yang bisa berbahasa Indonesia/Melayu jika tidak pede untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, biasanya akan dikasih CS yang berasal dari Malaysia. Saya sendiri kemarin tidak menggunakan langkah ini, itung-itung melatih speaking Bahasa Inggris saya lah 😀

4. Verifikasi Data

Setelah kamu berhasil menyebutkan akun email, kamu juga akan diminta untuk menyebutkan 4 digit terakhir kartu kredit/nomor rekening yang digunakan untuk mendaftar PayPal. Jika kamu menggunakan VCC, pastikan kamu sudah mengetahui 4 digit terkahir dari nomor VCC kamu, karena kalau ngga kamu tidak akan bisa dilayani. Saya sendiri kemarin harus menelepon 2 kali karena di telepon pertama saya belum menyiapkan 4 digit terakhir nomor VCC saya, hehehe.

5. Curhat

Langkah terakhir tentu saja curhat, cerita tentang masalah apa yang kamu alami, nanti CS dari PayPal akan membantu kamu untuk menyelesaikan permasalahan sampai selesai dengan tuntas. Alhamdulillah. Lega deh akun udah bisa dibuka lagi, transaksi jadi bisa jalan lagi 😀

Jadi kurang lebih itulah langkah-langkah yang saya lakukan ketika menghubungi customer service PayPal kemarin. Saya sendiri sangat sangat merekomendasikan untuk lansung menelepon PayPal jika memiliki masalah dengan PayPal, dari pada menggunakan channel lain yang ga jelas kapan selesainya.

Semoga sharing singkat ini bisa membantu temen-temen yang terkena masalah dengan PayPal dan ingin menghubungi PayPal. JIka ada yang masih bingung atau punya pertanyaan apapun, silahkan tinggalkan di komen ya, Insya Alah nanti akan saya balas. Terima kasih 🙂