[AppReview] Pocket : Simpan dan Baca Nanti
0%Overall Score
Reader Rating 0 Votes
0%

Plugin Chrome | Plugin Firefox

Salah satu hobi saya adalah membaca. Internet menyimpan banyak sekali bahan bacaan yang terkadang tidak sempat kita selesaikan atau adanya bacaan menarik yang suatu saat ingin kita nikmati lagi. Bookmark adalah salah satu fitur dalam browser yang dulu sering saya gunakan untuk hal-hal tersebut. Namun semua itu berubah setelah saya menemukan sebuah aplikasi yang bernama Pocket. Pocket saat ini telah tersedia dalam platform Android, iOS, serta pada browser Mozilla Firefox dan Google Chrome dan bisa diunduh secara gratis.

[vimeo 40168555 w=600 h=337]

Pocket, dengan taglinenya formerly read it later, merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan apapun, mulai dari artikel, gambar, hingga video. Contoh mudah penggunaan pocket adalah bayangkan suatu ketika anda sedang membuka news feed facebook dan kemudian menemukan sebuah video yang menarik. Sayangnya, anda saat itu dalam kondisi terburu-buru sehingga tidak sempat untuk menonton video tersebut. Dengan adanya pocket, anda bisa menyimpan link dari video tersebut untuk ditonton dilain waktu ketika anda sudah mempunyai waktu kosong.

Pocket adalah satu dari sekian aplikasi yang telah masuk dalam daftar aplikasi wajib dalam handphone yang saya miliki. Dengan adanya pocket, saya bisa membaca artikel-artikel lama untuk mengingat-ingat kembali ilmu yang sudah saya lupakan atau membaca artikel baru yang belum sempat saya baca. Satu lagi, Pocket juga sering saya gunakan untuk menyimpan lirik lagu, hehehe.

Tampilan dafta artikel yang disimpan di getpocket.com dalam format tile

Tampilan daftar artikel yang disimpan di getpocket.com dalam format tile

Logo Pocket akan muncul disebelah kanan address bar browser setelah plugin diinstal

Logo Pocket akan muncul disebelah kanan address bar browser setelah plugin diinstal

Ide dasar yang dimiliki oleh Pocket sangatlah simple, demikian pula dengan cara penggunaannya. Untuk dapat menggunakan Pocket, kita diharuskan untuk menginstal sebuah aplikasi. Pada mobile phone, kita bisa mendownload Pocket melalui app store (Android & iOS) , sedangkan pada komputer kita diwajibkan untuk menginstal plugin Pocket pada browser yang kita gunakan untuk dapat menyimpan artikel dengan meggunakan Pocket.

Oh ya, sebelum menggunakan Pocket kita diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Dengan melakukan registrasi, setiap artikel yang kita simpan akan masuk ke dalam akun yang kita miliki sehingga di setiap platform ia akan menampilkan daftar artikel yang sama.

Untuk melihat daftar artikel yang telah disimpan, kita bisa menggunakan aplikasi di mobile phone atau jika menggunakan computer kita bisa membuka getpocket.com dan melakukan login. Dengan demikian, kita bisa melihat semua artikel yang telah kita simpan dimanapun kita berada, tanpa harus berada di computer kita atau menggunakan mobile phone yang kita miliki. Sangat bermanfaat bukan ?

Screenshot_2014-08-27-20-42-44

Tampilan artikel dalam mobile appĀ Pocket

Fitur lain yang dimliki oleh Pocket antara lain yakni kemampuan untuk memberikan tag pada setiap artikel serta kemampuan untuk menampilkan artikel dalam format Pocket dimana menurut saya pribadi Pocket memiliki tampilan yang bagus ketika menampilkan sebuah artikel. Jika anda menggunakan aplikasi lain seperti Flipboard, Pocket juga memiliki kemampuan untuk menyimpan secara langsung sebuah artikel yang ditampilkan oleh Flipboard. Menarik bukan ?

Seperti halnya banyak aplikasi gratis lainnya, Pocket juga memiliki aplikasi premium yang memiliki banyak fitur tambahan ( lihat disini ) dimana bisa anda dapatkan dengan harga berlangganan sebesar $45/tahun. Sampai saat ini saya belum merasa membutuhkan fitur-fitur premium yang dimiliki oleh Pocket dan saya sudah bahagia dengan fitur-fitur yang disediakan oleh Pocket free edition.